Sabtu, 19 Mei 2012

Khasiat pokok Bayam Duri


Bayam Duri

Bayam duri sering dianggap sebelah mata bila dibandingkan dengan beberapa jenis sayuran lain. Tumbuhan yang sering tumbuh liar ini selain memiliki rasa yang enak, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.
Bayam duri atau amaranthus spinousus adalah tumbuhan yang kaya akan kandungan kimiawi yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah Vitamin (A, C dan K), zat besi/asid folik, kalium, nitrat, garam – garam fosfat, rutin, spinasterol, hentriakontan, amarantin, piridoksin, tanin. Beta Sitosterol  &Stigmasterol(menurunkan darah tinggi), Beta kerotena dan pelbagai kandungan protein.

Pemanfaatan Bayam Duri Bagi Kesehatan
Tanpa disadari ternyata tanaman yang sering diabaikan ini memiliki khasiat dalam mengobati berbagai penyakit, diantaranya :
  1. Demam. Dengan menggunakan 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung ditumbuk halus,kemudian ditambah 1 gelas air.Tempelkan di dahi sebagai kompres.
  2. Bronkhitis. Lengkap mulai batang bayam duri,daun dan bunganya semuanya ditumbuk halus, kemudian direbus menggunakan 1 liter air dan disaring. Dapat diminum setiap pagi dan sore.
  3. Kencing tidak lancar. Rebus 1 potong akar dan bonggol bayam duri menggunakan 2 gelas air hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian diminum sekaligus.
  4. Kencing nanah. Bagi penderita kencing nanah,yang digunakan akar bayam. Satu potong akar berikut bonggol bayam duri itu dicampur adas pulowaras secukupnya. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan di saring.Hasilnya dapat diminum setiap pagi dan sore hari.
  5. Bisul. Haluskan 1 potong bayam duri dengan ditumbuk, kemudian oleskan pada bagian yang sakit.
  6. Penambah darah. Tumbuk sebanyak 2 genggam daun dan batang bayam duri, kemudian tambahkan sebanyak 1 gelas air, peras dan disaring, kemudian masukkan 1 butir telur ayam kampung dan diaduk hingga merata. Minumlah campuran itu,untuk orang dewasa 1 minggu sekali. Khusus untuk bayi caranya, 1 genggam daun bayam ditambah 1 sendok makan madu.Daun bayam ditumbuk halus dan diambil airnya,kemudian ditambah madu lalu diminum sesuai takaran.
  7. Meningkatkan produksi ASI. Selurh bagian dari bayam duri mulai dari akar, batang, daun, bunga berikut durinya ditumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada sekitar payudara.
  8. Boleh menurunkan tekanan darah tinggi 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan